Zulfi, Nadya Arina (2018) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA SD NEGERI PEDURUNGAN LOR 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
Abstract
Hasil pengamatan peneliti teradap SD Negeri Pedurungan Lor 01 di Kelas VA diketaui kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar masih kurang. Hal ini dibuktikan dengan ditemukanya sampah- sampah kecil yang berada di dalam laci meja siswa dan dilantai kelas. Beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran terlihat pada kegiatan pembelajaran berlangsung di dalam kelas guru belum mengahadirkana keterkaitan antara matari pembelajaran dengan dunia kehidupan siswa secara nyata, sehingga para siswa belum mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi belajar dalam kehidupan sehari- hari. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model contextual teaching learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa mata pelajaran IPA kelas VA SD Negeri Pedurungan Lor 01. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan Contextual Teaching and Learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas VA di SD Negeri Pedurungan Lor 01. Hal tersebut ditunjukkan melalui hasil perolehan nilai rata-rata akhir kelas pretest dan posttest. Nilai rata-rata ketika diberikan pretest yaitu 42,88 dan setelah diberikan posttest nilai rata- ratanya menjadi 50,06. Pengujian hipotesis mengunakan uji Wilcoxon, Rata-rata skor post-angket secara lebih tinggi daripada rata-rata skor pre-angket dengan selisih skor sebesar 7,18. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning , sikap peduli lingkungan siswa, IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 04:18 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 04:18 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11435 |
Actions (login required)
View Item |