PENINGKATAN SIFAT DEMOKRATIS DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VI B SD NEGERI 02 BRABO

Yanti, Ria Trivi (2017) PENINGKATAN SIFAT DEMOKRATIS DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VI B SD NEGERI 02 BRABO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi yang dilaksanakan di kelas V SDN 02 Brabo yang menunjukkan masih kurangnya sifat demokratis siswa yang ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa yang kurang menghargai pendapat dari siswa yang lain. Selain itu, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn masih kurang, hal ini ditunjukkan dengan masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM pada Ulangan Akhir Semester serta masih digunakannya model pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sifat demokratis siswa dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media gambar di kelas VI B SDN 02 Brabo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes. Adanya peningkatan sifat demokratis siswa dan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan sifat demokratis siswa pada siklus I sebanyak 72% dengan kriteria sifat demokratis siswa baik dan pada siklus II meningkat menjadi 93% dengan kriteria sifat demokratis siswa sangat baik. Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan pada siklus I sebanyak 60% dengan dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media gambar dapat meningkatkan sifat demokratis dan prestasi belajar siswa kelas VI B SDN 02 Brabo. Kata Kunci : sifat demokratis, prestasi belajar, model Reciprocal Teaching, media gambar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:48
Last Modified: 13 Feb 2018 03:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10232

Actions (login required)

View Item View Item