Jannah, Roikhatul (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATIO INTELEKTUALY) DI KELAS V SDN 05 GOMBONG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan karena peningkatan kemampuan membaca cepat pada mata pelajaran bahasaIndonesia di SDN 05 Gombong khususnya materi membaca cepat masih kurang.Hal ini dibuktikan dengan tingkah laku siswa yang masih bermalas-malasan ketika pembelajaran berlangsung. Salah satu perilaku yang ditunjukkan siswa ketika pembelajaran berlangsung adalah ketika pembelajaran berlangsung ada siswa yang tidak memperhatikan dengan baik, mengobrol dengan teman sebangkunya, ada siswa yang mengganggu temannya sendiri ,bahkan terkadang ada siswa yang asik bermain sendiri. Sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaika oleh guru. Dengan demikian dilakukan tindakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe SAVI (SomaticAuditory Visualization Intelektualy)yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa melalui model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe SAVI (SomaticAuditory Visualization Intelektualy)di kelas V SDN 05 Gombong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 05 Gombong yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yang berupa lembar unjuk kerja siswa, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Peningkatan kemampuan membaca cepat siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 79 dengan presentase yang mendapat nilai baik dan sangat baik 62%, kemudian pada siklus II dengan nilai rata-rata 96 dengan presentase yang mendapat nilai baik dan sangat baik 81%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe SAVI (SomaticAuditory Visualization Intelektualy)dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa di kelas V SDN 05 Gombong. Kata kunci: kemampuan membaca cepat, model pembelajaran kooperatif tipe SAVI (SomaticAuditory Visualization Intelektualy)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:47 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:47 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10212 |
Actions (login required)
View Item |