Gafur, Retno (2017) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG ANGKATAN 2014. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Image
PERNYATTAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.jpg Download (920kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji secara empirik hubungan antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan prestasi akademik. Hipotesis yang diajukan yaitu pertama, ada hubungan antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan prestasi akademik mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang angkatan 2014. Hipotesis kedua, ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang angkatan 2014. Hipotesis ketiga, ada hubungan positif antara efikasi diri dengan prestasi akademik mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang Angkatan 2014. Subjek penelitian adalah mahasiswa UNISSULA Semarang angkatan 2014. Sampel penelitian berjumlah 198. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan data dokumentasi yaitu berupa indeks prestasi komulatif dengan dua skala yaitu skala motivasi belajar yang terdiri dari 31 aitem dengan koefisien korelasi skor aitem total bergerak antara 0,310 – 0,647 dan reliabilitas 0,903. Skala efikasi diri terdiri dari 43 aitem dengan koefisien korelasi skor aitem total bergerak antara 0,312 – 0,558 dan reliabitas 0,913. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri dengan prestasi akademik R = 0,244 Fhitung = 6,169 dengan taraf signifikansi p = 0,003 (p< 0,05). Selanjutnya, ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik r1y = 0,163 dengan taraf signifikansi p = 0,022 (p< 0,05). Selanjutnya, ada hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan prestasi akademik r2y = 0,229 dengan taraf signifikansi p = 0,001 (p< 0,05). Sumbangan efektif pada penelitian ini sebesar 6 % sehingga 94 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari variabel penelitian. Hasil dari koefisien determinasi dapat dilihat dari (R2) sebesar 0,060. Kata kunci: Prestasi akademik, Motivasi belajar, Efikasi diri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Jan 2018 02:31 |
Last Modified: | 24 Jan 2018 02:31 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9703 |
Actions (login required)
View Item |