ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI TIPEHIGHER ORDER THINKING SKILL DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA

Dewi, Ananda Admranti Arlinda (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI TIPEHIGHER ORDER THINKING SKILL DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (549kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (290kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (251kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (335kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (366kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
34201600262_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, HOTS, Self Confidence. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal geometri tipe Higher Order Thinking Skill ditinjau dari self confidence siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 28 siswa di SMP Al–Yaqin Sluke Jl Santren 42 Pangkalan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Data penelitian ini diambil dari hasil pengerjaan soal tes uraian materi segiempet dan segitiga pada pemecahkan masalah dan hasil wawancara dari 6 siswa SMP Al-Yaqin Jl Santren 42 Pangkalan kelas VII dengan kategori 2 siswa memiliki self confidence tinggi, 2 siswa dengan self confidence sedang, dan 2 siswa dengan self confidence rendah. Instrumen yang digunakan berupa non tes (angket), tes uraian, dan wawancara. Angket digunakan untuk mengetahui tingkat self confidence siswa apakah di kategorikan tinggi, sedang, atau rendah. Instrumen soal tes uraian tipe higher order thinking skills terbagi menjadi tiga meliputi satu soal dengan indikator analyze (menganalisis), satu soal dengan indikator evaluate (mengevaluasi), dan satu soal dengan indikator create (menciptakan). Analisis jawaban soal tes menggunakan langkah Polya dengan memperhatikan keempat langkahnya yang terdiri dari memahami masalah, merencanakan atau merancang strategi pemecahan masalah, melaksanakan perhitungan, dan memeriksa kembali kebenaran hasil atau solusi. Wawancara dilakukan untuk mengetahui kemampuan dalam menyelesaikann soal dan apakah subjek menggunakan ide pemikiran sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal tipe higher order thinking skills dengan self confidence tinggi menunjukkan bahwa siswa sudah mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah menurut Polya yaitu mampu memahami masalah, membuat rencana atau merancang strategi pemecahan masalah, melakukakan perhitungan, dan memeriksa kembali kebenaran hasil atau solusi jawaban, 2) kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal tipe higher order thinking skills dengan self confidence sedang menunjukkan bahwa siswa mampu memenuhi indikator 1, 2, dan 3 pemecahan masalah menurut Polya yaitu mampu memahami masalah, membuat rencana atau merancang strategi pemecahan masalah, melakukan perhitungan akan tetapi kurang mampu dalam memeriksa kembali kebenaran hasil atau solusi jawaban, 3) kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal tipe higher order thinking skills dengan self confidence rendah menunjukkan bahwa siswa tidak mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah menurut Polya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:38
Last Modified: 28 Jun 2022 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/23334

Actions (login required)

View Item View Item