Irvan, Aditiya (2001) Pengaruh Konten YouTube Food Vlogger Channel Nex Carlos Terhadap Tingkat Pengetahuan Kuliner Daerah dan Minat Berwisata Kuliner Pada Subscriber. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (525kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (629kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (527kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (632kB) |
|
Text
S1 Ilmu Komunikasi_31001500303_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Nex Carlos merupakan sebuah kategori channel blog dan orang di youtube yang bersifat hiburan dengan mengunjungi dan membahas mengenai kuliner nusantara. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh konten youtube food vlogger channel Nex Carlos terhadap tingkat pengetahuan kuliner daerah dan minat berwisata kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten youtube food vlogger channel Nex Carlos terhadap tingkat pengetahuan kuliner daerah dan minat berwisata kuliner.pada subscriber. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma positivisme dengan teori ketergantungan (Dependency Theory) yang membahas mengenai kekuatan media massa dalam memengaruhi khalayak audiensi karena adanya sifat ketergantungan audiensi terhadap isi media massa. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan hasil berupa angka yang diolah menggunakan program SPSS 25 dengan teknik analisis uji korelasi rank Spearman dan uji regresi linear sederhana serta menggunakan teknik probability sampling untuk penyebaran kuesionernya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten youtube food vlogger channel Nex Carlos berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan kuliner daerah dan juga berpengaruh terhadap minat berwisata kuliner yang dibuktikan dengan uji regresi linear sederhana dengan variabel tingkat pengetahuan kuliner daerah bahwa t hitung > t tabel, yaitu 4,328 lebih besar dari 1,664 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima dan variabel minat berwisata kuliner diperoleh hasil bahwa t hitung > t tabel, yaitu 4,142 lebih besar dari 1,664 yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil dari penelitian ini sesuai dengan teori ketergantungan (Dependency Theory) bahwa seseorang akan lebih mudah memahami, membangkitkan perasaan dan menambah wawasan juga pengetahuan jika sumber (komunikator) memiliki kredibilitas yang cukup serta memiliki daya tarik yang kuat. Dalam penelitian ini, peran komunikator yaitu Nex Carlos merupakan seseorang yang dianggap memiliki kredibilitas yang cukup untuk mempromosikan kuliner nusantara melalui konten youtube di channelnya sehingga terjadilah perubahan keyakinan dan perilaku yang mana seseorang akan lebih bergantung pada media yang dapat memenuhi sejumlah kebutuhannya. Kata Kunci: Konten Nex Carlos, Tingkat Pengetahuan, Minat Berwisata Kuliner
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 07:38 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 07:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/22894 |
Actions (login required)
View Item |