HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA SMA DALAM MASA PANDEMI VIRUS COVID-19

NURANI, DITA TRISNA (2021) HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA SMA DALAM MASA PANDEMI VIRUS COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (601kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (520kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (707kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stress akademik dengan adversity quotient pada siswa SMA dalam masa pandemi virus corona (covid-19), di salah satu sekolah yang berada di kabupaten Tegal – Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMA N 1 Bojog Tegal dengan sampel yang berjumlah 386 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini terdiri dari dua skala, yaitu skala stress akademik dan skala adversity quotient. Alat ukur dalam penelitian ini terdiri dari dua skala, yaitu skala stress akademik dan skala adversity quotient. Skala stress akademik terdiri dari 31 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,885, sedangkan skala adversity quotient terdiri dari 27 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,892. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah product moment. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai rxy -0,496 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01), yang artinya ada hubungan antara adversity quotient dengan stress akademik. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa adversity quotient memiliki sumbangan efektif terhadap stress akademik sebesar 24,6% dengan koefisien determinsi 0,246, sedangkan 75,4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti pola pikir, keyakinan, kepribadian, pembelajaran yang padat, tekanan dalam berprestasi yang tinggi, orang tua yang saling bersaing, serta status sosial. Kata kunci: Stress Akademik, Adversity Quotient, Siswa Sekolah Menengah Atas, dan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:08
Last Modified: 07 Jan 2022 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21086

Actions (login required)

View Item View Item