Pengaruh Konten YouTube “Tutorial Editing Video” Di Channel ”Daunnet Films” Terhadap Minat Belajar Edit Video Dan Peningkatan Kemampuan Edit Video Pada Subscriber.

Munir, Afif Misbahul (2020) Pengaruh Konten YouTube “Tutorial Editing Video” Di Channel ”Daunnet Films” Terhadap Minat Belajar Edit Video Dan Peningkatan Kemampuan Edit Video Pada Subscriber. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (361kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (434kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Daunnet Films adalah sebuah channel di youtube yang bersifat edukatif dengan membagikan suatu cara atau tutorial dalam mengedit video. Adapun permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh konten tutorial di channel Daunnet Films terhadap minat belajar editing video dan peningkatan kemampuan dalam mengedit video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten tutorial di channel youtube Daunnet Films terhadap minat belajar editing video dan peningkatan kemampuan editing video pada subscriber. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma positivisme, dengan teori S-O-R (Stimulus-Organism-Respon) yang menyatakan penyebab terjadinya perubahan perilaku (respon) bergantung dengan adanya kualitas rangsangan (stimulus) yang berkomunikasi dengan organisme. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan hasil berupa angka yang diolah menggunakan program SPSS 25 dengan teknik analisis uji korelasi rank Spearman dan uji regresi linear sederhana serta menggunakan teknik purposive sampling untuk penyebaran kuesionernya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten tutorial di channel YouTube Daunnet Films berpengaruh terhadap minat untuk belajar mengedit video dan juga berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan dalam mengedit video hal ini di buktikan dengan uji regresi linear sederhana dengan variabel minat belajar editing video dengan nilai t hitung (5,201) > t tabel (1,987), maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel dan untuk variabel peningkatan kemampuan editing video didapatkan hasil nilai t hitung (4,757) > t tabel (1,987), maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel. Berdasarkan analisis Rank Spearman menunjukkan konten tutorial mempunyai hubungan yang cukup kuat dan signifikan dengan minat belajar editing video dan peningkatan kemampuan editing video. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori S-O-R (Stimulus-Organism-Respons) bahwa stimulus yang di berikan oleh channel Daunnet Films merupakan stimulus positif dan memberikan respon yang positif pula. Respon yang di berikan oleh organism atau komunikan dari channel Daunnet Films adalah berupa minat belajar editing video dan meningkatkan kemampuan editing video, dengan adanya kualitas konten yang baik dan dapat mudah dipahami dari tutorial editing video dari channel Daunnet Films secara terus menerus dapat menyebabkan respon sesuai dengaan yang stimulus berikan. Kata Kunci: Konten Daunnet Films, Minat Belajar , Peningkatan Kemampuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:43
Last Modified: 25 Mar 2021 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/18285

Actions (login required)

View Item View Item