PENGARUH PEMBELAJARAN METODE BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AL-FATTAH SEMARANG

NISA’, ANI ZAHROTUN (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN METODE BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AL-FATTAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (840kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (438kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
S1 Ilmu Keperawatan_30901602020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Latar Belakang : Anak usia dini merupakan individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat. Lemahnya fungsi perkembangan kognitif mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satu stimulasi untuk mengembangkan perkembangan kognitif anak adalah bermain puzzle. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Islam Al-Fattah Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan jenis eksperimen dengan desain pre-eksperimen, menggunakan metode one group pre post test design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tehnik total sampling dengan jumlah 18 responden. Instrumen yang digunakan yaitu puzzle dan indikator perkembangan kognitif. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon, karena data dari penelitian ini berskala kategorik. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian, perkembangan kognitif responden sebelum bermain menunjukkan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 7 responden (38.9%), dan setelah bermain menunjukkan kategori berkembang sesui harapan (BSH) 9 responden (50.0%), berkembang sangat baik (BSB) 9 responden (50.0%) dengan frekuensi yang sama, dan didapatkan nilai  value 0,001 < 0,05. Simpulan : Simpulan penelitian ini menunjukkan ada pengaruh metode pembelajaran bermain puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Islam Al-Fattah Semarang. Kata kunci : Metode Pembelajaran, Bermain Puzzle, Perkembangan Kognitif. Daftar Pustaka : 31 (2009-2019)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:07
Last Modified: 04 Nov 2020 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/17828

Actions (login required)

View Item View Item