HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KONFORMITAS TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMA PONDOK MODERN SELAMAT KENDAL

Rizkina, Ulfi Mahroja (2019) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KONFORMITAS TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMA PONDOK MODERN SELAMAT KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (619kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (310kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan konformitas terhadap perilaku bullying pada siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Populasi dalam penelitian berjumlah 150 siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal dengan sampel 133 siswa kelas X dan XI. Metode penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan terdiri dari tiga skala yaitu skala perilaku bullying, skala konsep diri dan skala konformitas. Skala perilaku bullying berjumlah 25 aitem dengan indeks daya beda aitem berkisar 0,254 hingga 0,527 dengan koefisien reliabilitas 0,841. Skala konsep diri berjumlah 15 aitem dengan indeks daya beda aitem berkisar 0,255 hingga 0,460 dengan koefisien reliabilitas 0,765. Skala konformitas berjumlah 25 aitem dengan indeks daya beda aitem berkisar 0,268 hingga 0,450 dengan koefisien reliabilitas 0,802. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan hasil uji hipotesis pertama memperoleh hasil R = 0,419 dan nilai Fhitung = 13,828 dengan signifikansi 0,000 (p ˂ 0,01), hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dan konformitas terhadap perilaku bullying pada siswa. Artinya semakin positif konsep diri dan konformitas maka semakin rendah perilaku bullying sebaliknya semakin negatif konsep diri dan konformitas maka semakin rendah perilaku bullying. Hasil uji hipotesis kedua memperoleh hasil rx1y = -0,417 dengan p = 0,000 (p< 0,01), hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan negatif antara konsep diri terhadap perilaku bullying. Artinya individu yang memiliki konsep diri negatif maka individu tersebut memiliki perilaku bullying yang tinggi sebaliknya jika individu yang memiliki konsep diri yang positif maka perilaku bullying semakin rendah. Hasil uji hipotesis ketiga memperoleh hasil rx2y = 0,075 dengan p = 0,347 (p< 0,01),hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang tidak signifikan antara konformitas terhadap perilaku bullying. Artinya semakin positif konsep diri dan konformitas maka semakin rendah perilaku bullying, sedangkan semakin negatif konsep diri dan konformitas maka semakin tinggi perilaku bullying. Kata Kunci : Perilaku Bullying , Konsep Diri, Konformitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:22
Last Modified: 10 Feb 2020 03:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/15848

Actions (login required)

View Item View Item