HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX DI SMP N 9 SEMARANG

Deliana, Dati (2019) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS IX DI SMP N 9 SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Publikasi.pdf

Download (574kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa kelas IX di SMP N 9 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP N 9 Semarang. Sampel penelitian ini bejumlah 154 siswa kelas IX di SMP N 9 Semarang. Metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga skala. Skala kecemasan menghadapi ujian berisi 29 aitem memiliki koefisien reliabilitas = 0,912 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,256 sampai 0,660. Skala regulasi diri terdiri dari 38 aitem memiliki koefisien reliabilitas = 0,921 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,348 sampai 0,612. Serta skala dukungan sosial keluarga dengan 37 aitem memiliki koefisien reliabilitas = 0,943 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,310 sampai 0,778. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara regulasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan kecemasan menghadapi ujian nasional diperoleh skor R = 0,706 dan Fhitung = 74,983 dengan signifikan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil uji korelasi parsial antara regulasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian nasional dengan mengontrol dukungan sosial keluarga diperoleh skor rx1y = -0,512 dengan signifikan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil menunjukan adanya hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dengan kecemasan menghadapi ujian nasional. Hasil uji korelasi parsial antara dukungan sosial keluarga dengan kecemasan menghadapi ujian nasional dengan mengontrol regulasi diri diperoleh skor rx2y = -0,160 dengan signifikan p = 0,048 (p < 0,05). Hasil menunjukan adanya hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan kecemasan menghadapi ujian nasional. Kata kunci : kecemasan menghadapi ujian nasional, regulasi diri, dukungan sosial keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 02 Dec 2019 07:50
Last Modified: 02 Dec 2019 07:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13847

Actions (login required)

View Item View Item