Efektivitas Pengamalan Nilai-nilai Fungsional Pendidikan Agama IslamThaharah Siswa di Mi Miftahush Shibyan 02 Genuk Semarang

A. GHUFRON, A. GHUFRON (2018) Efektivitas Pengamalan Nilai-nilai Fungsional Pendidikan Agama IslamThaharah Siswa di Mi Miftahush Shibyan 02 Genuk Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Cover.pdf

Download (894kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Pernyataan_publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftarisi.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BabI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text
BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
Daftar_pustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (871kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengamalkan nilai-nilai fungsional thaharah Pendidikan Agama Islam pada siswa di MI Miftahush Shibyan 02 Genuk Semarang. Serta seberapa efektif pengamalan nilai-nilai fungsional Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di madrasah tersebut. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengamalan nilai-nilai fungsional thaharah Pendidikan Agama Islam pada siswa dan mendeskripsikan efektivitas pengamalan nilai-nilai fungsional thaharah Pendidikan Agama Islam pada mereka. Analisis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian lapangan, dalam penelitian ini peneliti diharuskan melakukan pengamatan langsung di lapangan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik. Metode wawancara digunakan untuk mencatat percakapan atau jawaban dari informan baik dari peserta didik, guru, koordinator, maupun kepala sekolah. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang profil madrasah, data guru, jumlah siswa, data sarana dan prasarana, proses pembelajaran materi wudlu, nilai pembelajaran materi wudlu, dan sarana fisik serta situasi pelaksanaan pembelajaran dan pengamalan nilai-nilai fungsional thaharah materi wudlu pada peserta didik. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang mengamalkan nilai-nilai fungsional thaharah Pendidikan Agama Islam pada siswa. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang pembelajaran siswa dalam mengamalkan nilai-nilai fungsional. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, pengamalan nilai-nilai fungsional thaharah materi wudlu Pendidikan Agama Islam pada siswa melalui pembelajaran secara kontinyu meliputi : tahap pembukaan, tahap apersepsi, tahap penanaman konsep, tahap pemahaman konsep, tahap latihan, tahap evaluasi, dan tahap penutup. Pembiasaan di madrasah menjadikan anak terbiasa dengan wudlu dengan memperhatikan rukun dan syarat sahnya wudlu. Selian itu wudlu merupakan syarat sahnya shalat. Sehingga peserta didik merasa menjadi kebutuhan pribadinya dan dengan keasadaran peserta didik untuk mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan efektivitas pengamalan nilai-nilai fungsional thaharah Pendidikan Agama Islam pada siswa dengan proses pembelajaran di madrasah yang sudah mencapai KKM, selain itu untuk pengamalan nilai-nilai fungsional thaharah materi wudlu adanya kerjasama antara madrasah, orang tua, dan masyarakat. Kata kunci: Efektivitas, pengamalan, thaharah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 26 Nov 2019 07:29
Last Modified: 26 Nov 2019 07:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/13661

Actions (login required)

View Item View Item