PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA SD NEGERI PEDURUNGAN LOR 01

Zulfi, Nadya Arina (2018) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA SD NEGERI PEDURUNGAN LOR 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)

Abstract

Hasil pengamatan peneliti teradap SD Negeri Pedurungan Lor 01 di Kelas VA diketaui kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar masih kurang. Hal ini dibuktikan dengan ditemukanya sampah- sampah kecil yang berada di dalam laci meja siswa dan dilantai kelas. Beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran terlihat pada kegiatan pembelajaran berlangsung di dalam kelas guru belum mengahadirkana keterkaitan antara matari pembelajaran dengan dunia kehidupan siswa secara nyata, sehingga para siswa belum mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi belajar dalam kehidupan sehari- hari. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model contextual teaching learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa mata pelajaran IPA kelas VA SD Negeri Pedurungan Lor 01. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan Contextual Teaching and Learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas VA di SD Negeri Pedurungan Lor 01. Hal tersebut ditunjukkan melalui hasil perolehan nilai rata-rata akhir kelas pretest dan posttest. Nilai rata-rata ketika diberikan pretest yaitu 42,88 dan setelah diberikan posttest nilai rata- ratanya menjadi 50,06. Pengujian hipotesis mengunakan uji Wilcoxon, Rata-rata skor post-angket secara lebih tinggi daripada rata-rata skor pre-angket dengan selisih skor sebesar 7,18. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning , sikap peduli lingkungan siswa, IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:18
Last Modified: 05 Oct 2018 04:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item View Item