PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATIO INTELEKTUALY) DI KELAS V SDN 05 GOMBONG

Jannah, Roikhatul (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATIO INTELEKTUALY) DI KELAS V SDN 05 GOMBONG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan karena peningkatan kemampuan membaca cepat pada mata pelajaran bahasaIndonesia di SDN 05 Gombong khususnya materi membaca cepat masih kurang.Hal ini dibuktikan dengan tingkah laku siswa yang masih bermalas-malasan ketika pembelajaran berlangsung. Salah satu perilaku yang ditunjukkan siswa ketika pembelajaran berlangsung adalah ketika pembelajaran berlangsung ada siswa yang tidak memperhatikan dengan baik, mengobrol dengan teman sebangkunya, ada siswa yang mengganggu temannya sendiri ,bahkan terkadang ada siswa yang asik bermain sendiri. Sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaika oleh guru. Dengan demikian dilakukan tindakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe SAVI (SomaticAuditory Visualization Intelektualy)yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa melalui model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe SAVI (SomaticAuditory Visualization Intelektualy)di kelas V SDN 05 Gombong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 05 Gombong yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yang berupa lembar unjuk kerja siswa, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Peningkatan kemampuan membaca cepat siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus II. Pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 79 dengan presentase yang mendapat nilai baik dan sangat baik 62%, kemudian pada siklus II dengan nilai rata-rata 96 dengan presentase yang mendapat nilai baik dan sangat baik 81%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe SAVI (SomaticAuditory Visualization Intelektualy)dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa di kelas V SDN 05 Gombong. Kata kunci: kemampuan membaca cepat, model pembelajaran kooperatif tipe SAVI (SomaticAuditory Visualization Intelektualy)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:47
Last Modified: 13 Feb 2018 03:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item View Item