PRIYAMBODO, ALIM and AZMI, MUHAMMAD ULIL (2017) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN PEMUDA KOTA SEMARANG (Segmen Jalan Depan BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah sampai dengan Bank Jateng). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf |
Preview |
Text
PUBLIKASI.pdf |
Preview |
Text
BAB I.pdf |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only |
Preview |
Text
COVER.pdf |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Masalah transportasi yang dialami oleh kota Semarang merupakan cerminan bahwa kota Semarang memiliki tingkat mobilitas pergerakan yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Hal tersebut mengakibatkan kemacetan lalu lintas yang diperparah dengan dibangunnya pertokoan, perkantoran, dan pemukiman dimana – mana. Pada ruas Jalan Pemuda Kota Semarang segmen jalan depan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jawa Tengah Kota Semarang sering mengalami kemacetan yang tidak hanya terjadi pada jam – jam puncak. Kemacetan yang terjadi di ruas Jalan Pemuda ini diakibatkan oleh adanya kawasan pertokoan, pusat pemerintahan, pusat perbelanjaan, kawasan perkantoran, dan beberapa pusat pendidikan.
Analisis kinerja ruas jalan perkotaan yang dilakukan dengan berbagai indikator kinerja yaitu kecepatan arus bebas (Free Flow Speed/FV), kapasitas (Capacity/C), derajat kejenuhan (Degree of Saturation/DS), kecepatan tempuh dan waktu tempuh rata – rata (Traveling Time/TT), serta menganalisis tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) pada ruas jalan tersebut.
Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis segmen jalan tersebut pada bulan Januari tahun 2017 memiliki kecepatan arus bebas (FV) = 37,73 km/jam, kapasitas (C) = 4015
SMP/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0,94 yang melebihi nilai yang disyaratkan dalam MKJI
1997 yaitu 0,75 untuk jalan perkotaan, kecepatan tempuh (V) = 26 km/jam, waktu tempuh rata
– rata (TT) = 13,86 detik. Tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) dikategorikan tingkat E. Berdasarkan hasil perhitungan yang terjadi pada tahun 2017, perlu mencari solusi/alternatif – alternatif untuk menurunkan nilai DS dengan cara meningkatkan nilai kapasitas.
Kata kunci: Jalan Pemuda, Kinerja Ruas Jalan, Level of Service
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Mahasiswa FT - Skripsi Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 05:27 |
Last Modified: | 23 Jan 2018 05:27 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |