Yulisetyani, Atika Dwi (2015) THE EFFECTIVENESS OF BROCHURES OF TOURIST RESORT TO TEACH WRITING DESCRIPTIVE TEXT (An Experimental Research of the Tenth Grade Students of MA Darut Taqwa Semarang in the Academic Year of 2014 / 2015). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[thumbnail of FINAL PROJECT ATIKA DWI Y _31801200474__1abstrak.pdf]
Preview
Text
FINAL PROJECT ATIKA DWI Y _31801200474__1abstrak.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of FINAL PROJECT ATIKA DWI Y _31801200474__1cover.pdf]
Preview
Text
FINAL PROJECT ATIKA DWI Y _31801200474__1cover.pdf

| Preview Download (80kB)
[thumbnail of FINAL PROJECT ATIKA DWI Y _31801200474__1daftar isi.pdf]
Preview
Text
FINAL PROJECT ATIKA DWI Y _31801200474__1daftar isi.pdf

| Preview Download (1MB)

Abstract

Atika Dwi Yulisetyani, 2015. The Effectiveness of Brochures of Tourist Resort in
Teaching Writing Descriptive Text by the Tenth Grade Students of MA
Darut Taqwa Semarang in the Academic Years of 2014/2015. Program
Pendidikan Bahasa Inggris , Fakultas Bahasa, Universitas Islam Sultan
Agung. Pembimbing: Hartono, S.S., M.Pd.
Dalam penelitian ini, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
penerapan brosur pariwisata efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
menulis teks deskriptif pada siswa kelas X atau tidak. Penelitian ini dikategorikan
sebagai penelitian eksperimental, karena penelitian ini adalah untuk mengetahui
efektivitas brosur pariwisata dalam pengajaran menulis teks deskriptif pada siswa
kelas X MA Darut Taqwa Semarang pada tahun akademik 2014/2015. Selain itu,
penelitian ini menggunakan penelitian kuasi-eksperimental dengan dua kelompok:
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subyek penelitian ini adalah
41siswa yang diambil dari dua kelas dikelas sebelas (X MIA 2 danX IIS 1). Kelas
X MIA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IIS 1 sebagaikelompok
kontrol. Data dikumpulkan melalalui beberapa kegiatan. Yaitu: pre-test, treatment
dan post-test.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pada
kemampuan siswadalam menulis teks deskriptif. Hal ini dapat dilihat dari nilai
akhir dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata post-test
dari kelompok eksperimen adalah 83,25, sedangkan nilai rata-rata post-test dari
kelompok kontrol adalah 75,62. Dan dari hasil nilai-t dan tabel-t, menunjukkan
bahwa nilai-t lebih tinggi dari tabel-t (t-value: 0,422 > t-tabel: 0,05) dan sig. 0,000
untuk signifikansi 0,05, 0,000<0,05. Karena nilait-test lebih tinggi dari t-tabel,
berarti H
1
diterima sementara H
ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa penggunaan brosur pariwisata ini efektif dan dapat membantu siswa untuk
meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks deskriptif.
0
Kata Kunci: Brosur tempat wisata, teks deskriptif, pengajaran menulis.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 04:37
Last Modified: 26 Aug 2015 04:37
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item View Item