Bahtiar, Muhammad (2015) THE EFFECTIVENESS OF MOVIE MEDIA TO IMPROVE THE STUDENTS’ SPEAKING SKILL Year of 2014 / 2015. Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.
Preview |
Text
A FINAL PROJECT_1abstrak.pdf |
Preview |
Text
A FINAL PROJECT_1cover.pdf |
Preview |
Text
A FINAL PROJECT_1daftar isi.pdf |
Abstract
Bahtiar. Muhammad. 2014.The Effectiveness of Movie Media to Improve Students’
Speaking Skill
Penelitianinibertujuan untuk mengkaji, bagaimana penggunaan “Media Film”,
dapat meningkatkan skill berbicara siswa kelas 12 di MAN 2 Semarang pada tahun
ajaran 2014/2015.
Desain penelitian ini menggunakan obersevasi eksperimental, dan
menggunakan metode pendekatan kuantitative. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas 12 di MAN 2 Semarang pada tahun ajaran 2014/2015. Dalam hal ini, dua
grup yang telah terpilih dari keseluruhan populasi untuk dijadikan observasi adalah
siswa kelas 12 IPA 1 yang mana terpilih sebagai grup eksperimen, dan siswa kelas
12 IPS 1 yang terpilih sebagai grup control. Dalam tahap pelaksanaan penelitian ini,
telah dilakuka melalui 4 tahap langkah, yaitu try-out, pre-test, treatment, post-test,
dan yang terakhir adalah pos-test. Pertama, try-out telah diberikan kepada kelas
selain dari kelas grup yang terpilih sebelum langkah yang lain dilakukan. Kemudian,
pre-test diberikan kepada kedua grup sebelum treatment dilakukan. Dan selanjutnya,
post-test dilakukan di akhir penelitian ini, untuk mengetahui apakah ada peningkatan
nilai yang signifikan atau tidak. Dalam menganalisa hasil olah data, peneliti
menggunakan SPSS.
Hasil T-test menunjukakkan bahwa nilai rata-rata grup eksperimental dan grup
control ketika diadakannya pre-test adalah sama, yaitu 46.75. Setelah treatmen
selesai dilakukan, peneliti memberikan post-test. Hasil nilai rata-rata dari grup
eksperimen adalah 62.00, dan untuk grup contol adalah 57.00. Perhitungan T-Test
menunjukkan bahwa perbedaannya cukup signifikan. Perhitungan ini telah didukung
dengan hasil pre-test dan pos-test dalam grup eksperimen yang mana hasil pada
independent t-test, t-value lebihbesardaripada t-table
dapat diterima.
Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunakan metode film
1
dalam proses belajar-mengajar itu ada sisi pengaruhnya sebagai sumber yang
bermanfaat. Selebihnya, metode ini memberikan jalan yang effektif bagi siswa untuk
belajar bahasa Inggris dengan cepat, khususnya dalam peningkatan skill berbicara
mereka, itu karena metode film ini memberikan siswa kegiatan kelas yang lebih
menarik daripada menggunakan metode konvensional melihat adanya perbedaan
gaya belajar mereka.
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya Fakultas Bahasa, Sastra dan Budaya > Mahasiswa FBSB - Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Aug 2015 04:01 |
Last Modified: | 26 Aug 2015 04:01 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |