HAMZAH, SANDI NOOR (2015) PENDIDIKAN AKIDAH PADA ANAK DAN STRATEGI PENERAPANNYA MENURUT ABDULLAH NASIH ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[thumbnail of sklripsi_1ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
sklripsi_1ABSTRAK.pdf

| Preview Download (134kB)
[thumbnail of sklripsi_1DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
sklripsi_1DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (166kB)
[thumbnail of sklripsi_1COVER.pdf]
Preview
Text
sklripsi_1COVER.pdf

| Preview Download (23kB)

Abstract

Penulis: Sandi Noor Hamzah, 152111678,” Pendidikan Akidah pada Anak
dan Strategi Penerapannya menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam
Kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam “.
Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas
Agama Islam Universitas Isam Sultan Agung Semarang. Pembimbing
Drs. M.Muhtar Arifin S., M. Lib.
Kata Kunci: Pendidikan Akidah, Pendidikan Anak, Abdullah Nashihn Ulwan,
Kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam.
Pendidikan akidah adalah usaha untuk membimbing anak agar
meyakini perkara-perkara yang wajib dibenarkan dan diyakini olehnya tanpa
ada keraguan sedikitpun, dan keyakinan itu menjadikan ketenteraman
jiwanya.
Sumber akidah (Islam) adalah al-Quran dan as-Sunnah. Artinya
apa saja yang disampaikan oleh Allah dalam al-Quran dan Rasulullah Saw.
dalam sunnah-nya wajib diimani, diyakini, dan diamalkan. Akal sama sekali
bukan sumber akidah Islam, tetapi merupakan instrumen yang berfungsi
untuk memahami nash-nash yang terdapat dalam kedua sumber tersebut.
Pendidikan dimasa kanak-kanak merupakan dasar pembentukan
pribadi muslim, untuk itu penanaman akidah akan dimulai sejak usia kanakkanak,

sehingga sudah seharusnya lembaga Pendidikan memperhatikan
masalah ini dengan penuh perhatian
Hasil analisa data secara deskriptif menunjukkan bahwa Konsep
pendidikan akidah anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab
“Tarbiyatul Aulad fil Islam” meliputi tiga ikatan yaitu: dasar-dasar akidah
atau keimanan, rukun Islam, dan dasar-dasar syari‟at. Pendidikan akidah
merupakan pondasi dasar bagi anak. Orang tua, sebagai pendidik utama dan
pertama bagi anak memiliki peran dan tanggung jawab: Pertama, membina
anak-anak agar beriman kepada Allah Swt. dan kemaha-kuasaan-Nya, dengan
cara bertafakkur akan kebesaran-Nya. Kedua, menanamkan ke dalam jiwa
anak kepribadian yang khusyuk, takwa dan rasa pengabdian kepada Allah
swt. Ketiga, para pendidik dan orang tua menurut Nashih Ulwan harus
menanamkan perasaan selalu ingat kepada Allah Swt. pada diri anak-anak
dalam setiap tindakan dan perilaku mereka setiap waktu.
Strategi penerapan Konsep pendidikan akidah anak menurut
Abdullah Nashih Ulwan adalah dengan penetapan kurikulum pendidikan akidah secara komprehensif yang meliputi tujuan pendidikan akidah, materi
pendidikan akidah yang meliputi dasar-dasar keimanan, ibadah dan dasardasar

hukum syari‟ah. Kurikulum ini diterapkan dengan menggunakan
metode pendidikan dengan keteladanan, adat dan kebiasaan, nasehat,
perhatian, dan memberikan hukuman.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 02:32
Last Modified: 26 Aug 2015 02:32
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item