Nurrohim, Hadi (2015) PENGARUH INQUIRY APPROACH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[thumbnail of SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf

| Preview Download (92kB)
[thumbnail of SKRIPSI_1COVER.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf

| Preview Download (136kB)
[thumbnail of SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (98kB)

Abstract

ix

Penelitian ini dilakukan di Demak, mulai delapan Desember dua ribu
empat belas sampai tiga puluh Januari dua ribu lima belas. Permasalahan yang
diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan inquiry approach pada
mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Demak, bagaimana aktivitas belajar siswa
pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Demak, adakah pengaruh inquiry
approach terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di
MAN Demak. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian adalah untuk
menjelaskan bagaimana pelaksanaan inquiry approach pada mata pelajaran
aqidah akhlak di MAN Demak, untuk menjelaskan bagaimana aktivitas belajar
siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Demak, untuk menjelaskan ada
atau tidaknya pengaruh inquiry approach terhadap aktivitas belajar siswa pada
mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Demak. Hasil penelitian ini diharapkan
dapat dipergunakan sebagai referensi dalam aktivitas belajar siswa menggunakan
inquiry approach. Dimana dalam prosesnya, yang ditekankan adalah aktivitas
belajar siswanya. Jenis penelitian yang diambil oleh peneliti adalah penelitian
kuantitatif.
Hasil penelitian ini merujuk bahwa: Pertama, terciptanya aktivitas belajar
siswa yang kondusif dan aktif, pembiasaan aktifvitas dan pengembangan diri
melalui kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Selain itu, diperlukan pendekatan yang
sesuai bagi siswa. Kedua, aktivitas belajar yang baik melalui inquiry approach
menunjukkan hasil yang positif bagi aktivitas belajar siswa. Melalui beberapa
program yang dibuat oleh sekolahan, peserta didik dibimbing oleh guru, diarahkan
agar aktif dalam pembelajaran, serta guru selalu memberi motivasi untuk selalu
aktif dalam belajar.
Kesimpulan dari pengaruh inquiry approach terhadap aktivitas belajar
siswa ini sudah cukup baik dan dikatakan efektif. Semua itu dapat dilihat dari
aspek persiapan, proses pelaksanaan, pendekatan yang digunakan dan hasil
perubahan aktivitas belajar siswa. Selain itu juga dilihat dari tercapainya tujuan
pendidikan yang dirancang oleh pihak sekolah yang berhubungan dengan aktivitas
belajar siswa. Peneliti berharap bahwa orang tua tetap memantau anak ketika
mereka sedang berada dirumah, sebab peran orang tua dalam aktivitas belajar
siswa sangat utama.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:51
Last Modified: 25 Aug 2015 08:51
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item