Yasmin, Ferinta Selma (2015) IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM TUNAS HARAPAN SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[thumbnail of SKRIPSI_1COVER.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf

| Preview Download (147kB)
[thumbnail of SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (110kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (104kB)

Abstract

Ferinta Selma Yasmin. Implementasi Full Day School Dalam
Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di Smp Islam Tunas Harapan Semarang

Kata Kunci: Implementasi Full Day School, Pembentukan Akhlak.

Penelitian ini dilakukan di Semarang, selama tiga bulan, mulai bulan
Desember sampai bulan Februari. Rumusan permasalahannya adalah bagaimana
implementasi full day school terhadap pembentukan akhlak peserta didik di SMP
Islam Tunas Harapan. Tujuannya adalah mendeskripsikan pelaksanaan
pembelajaran yang terdapat dalam full day school. Hasil penelitian ini diharapkan
dapat dipergunakan sebagai referensi dalam pembentukan akhlak peserta didik
menggunakan full day school. Dimana dalam proses nya, yang ditekankan adalah
pembentukan akhlak peserta didiknya. Jenis penelitiannya adalah penelitian
kualitatif, teknik pengumpulan data melalui cara wawancara, observasi, dan
dokumentasi; teknik analisisnya menggunakan analisis Spradley empat tahap
yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis
tema kultural.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pembentukan akhlak
peserta didik dilakukan dengan proses pembiasaan 6S (senyum, salam, salaman,
sapa, sopan, dan santun), pembiasaan kegiatan keagamaan dan pengembangan diri
melalui kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Selain itu, menggunakan metode
ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, keteladanan, nasehat dan
pembiasaan. Kedua, pembentukan akhlak peserta didik terhadap sesama manusia
melalui sistem full day school menunjukkan hasil yang positif bagi akhlak peserta
didik.
Kesimpulan dari hasil pembentukan akhlak peserta didik melalui full day
school ini sudah cukup baik dan dikatakan efektif. Semua itu dapat dilihat dari
aspek persiapan, proses pelaksanaan, metode yang digunakan dan hasil perubahan
perilaku peserta didik. Selain itu juga dilihat dari tercapainya tujuan pendidikan
yang dirancang oleh pihak sekolah yang berhubungan dengan pembentukan akhlak. Peneliti berharap bahwa orang tua tetap memantau anak ketika mereka
sedang berada di rumah, sebab peran orang tua dalam pembentukan akhlak anak
merupakan yang paling utama.

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:51
Last Modified: 25 Aug 2015 08:51
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item View Item