Zahro’, Ely Fatimatuz (2015) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PERHATIAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 2 KAYEN PATI. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[thumbnail of SKRIPSI ELY FATIMATUZ ZAHRO _152111592__1ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI ELY FATIMATUZ ZAHRO _152111592__1ABSTRAK.pdf

| Preview Download (669kB)
[thumbnail of SKRIPSI ELY FATIMATUZ ZAHRO _152111592__1COVER.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI ELY FATIMATUZ ZAHRO _152111592__1COVER.pdf

| Preview Download (36kB)
[thumbnail of SKRIPSI ELY FATIMATUZ ZAHRO _152111592__1DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI ELY FATIMATUZ ZAHRO _152111592__1DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (670kB)

Abstract

Ely Fatimatuz Zahro’, 152111592, “Hubungan Motivasi Belajar dengan
Perhatian Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di
SMP Negeri 2 Kayen Pati Tahun Akademik 2014/2015”.
Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rohani, HM, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif dan
signifikan antara motivasi belajar dengan perhatian peserta didik belajar
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kayen Pati. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi
belajar dengan perhatian peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2
Kayen Pati.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang
menggunakan metode kuantitatif. Fokus penelitian ini adalah motivasi belajar dan
perhatian peserta didik belajar PAI di SMP Negeri 2 Kayen Pati. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi belajar, skala perhatian
peserta didik, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini
menggunakan rumus korelasi tata jenjang atau Rho Spearman.
Hasil penelitian yang penulis peroleh: 1) Motivasi belajar peserta didik pada
mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kayen Pati dalam kategori tinggi. Hal ini
dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil skala motivasi belajar peserta didik sebesar
50,12 yang berada pada interval 50-53. 2) Perhatian peserta didik belajar PAI di
SMP Negeri 2 Kayen Pati termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dibuktikan
dengan nilai mean atau rata-rata hasil skala perhatian peserta didik sebesar 32,56.
3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan
perhatian peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kayen Pati. Hal
ini berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus Rho Spearman diperoleh
koefisien korelasi r
0
= 0.690 lebih besar dari koefisien korelasi pada tabel r
pada
taraf signifikansi 5%. Selain itu, kontribusi motivasi belajar terhadap perhatian
peserta didik di SMP Negeri 2 Kayen Pati sebesar 47,61%, dengan demikian
masih terdapat 52,39% perhatian peserta didik ditentukan oleh faktor lain di luar
motivasi belajar.
Kata kunci : Motivasi Belajar, Perhatian Peserta Didik
t

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:51
Last Modified: 25 Aug 2015 08:51
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item