MUSIDAH, DUROTUN (2015) ANALISIS BUKU AJAR GURU AL-QURAN HADIST DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
Preview |
Text
SKRIPSI DUROTUN MUSIDAH _152111589__1ABSTRAK.pdf |
Preview |
Text
SKRIPSI DUROTUN MUSIDAH _152111589__1COVER.pdf |
Preview |
Text
SKRIPSI DUROTUN MUSIDAH _152111589__1DAFTAR ISI.pdf |
Abstract
”ANALISIS BUKU AJAR GURU AL-QURAN HADIST MAN 2 SEMARANG”.
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,
Universitas Islam Sultan Agung.
Durotun, Musidah, 152111589, 2015
Buku ajar adalah salah satu sarana dalam proses belajar mengajar. Buku
ajar digunakan sebagai penunjang dalam proses pembalajaran. Buku ajar
membantu guru menyampaikan materi dalam proses pembelajaran, oleh karena
itu guru harus bisa menganalisa kriteria buku ajar yang baik, yang bisa melibatkan
siswa dan menuntun siswa ke arah berfikir kreatif.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui ruang lingkup (scope)
buku ajar al-Quran Hadist di MAN 2 Semarang 2) Untuk mengetahui urutan
(sequence) buku ajar al-Qur’an Hadist di MAN 2 Semarang 3) Untuk mengetahui
keterkaitan (relevance) buku ajar yang digunakan dengan standar kompetensi
(SK) dan kompetensi dasar (KD) yang telah dirumuskan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research). Field research adalah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di medan
lapangan, tempat terjadinya gejala–gejala yang di selidiki. Tempat penelitian ini
adalah di MAN 2 Semarang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah dengan cara metode interview, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ruang lingkup (scope) buku ajar
yang digunakan sesuai dengan materi yang dirumuskan, yaitu nikmat Allah,
menjaga kelestarian lingkungan, pola hidup sederhana, berlomba-lomba dalam
kebaikan, amar ma’ruf nahi mungkar, ujian dan cobaan. 2) urutan (sequence)
buku ajar yang digunakan sesuai dengan urutan materi yang dirumuskan yaitu a)
semester satu : nikmat Allah, menjaga kelestarian lingkungan, b) semester dua
pola hidup sederhana, berlomba-lomba dalam kebaikan, amar ma’ruf nahi
mungkar, ujian dan cobaan. 3) keterkaitan (relevance) buku ajar dengan standar
kompetensi dan kompetensi dasar yang telah dirumuskan adalah a) keterkaitan
dengan standar kompetensi adalah baik, karena dalam buku ajar mengandung dua
ranah tujuan pendidikan yaitu ranah kognitif dan afektif, b) keterkaitan dengan
kompetensi dasar adalah cukup baik karena dalam buku ajar hanya mengandung
satu ranah tujuan pendidikan yaitu ranah kognitif. Secara keseluruhan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa buku ajar layak digunakan untuk kelas XI
MA.
Kata kunci : Buku Ajar, Guru, Al-Quran Hadist
Dosen Pembimbing: | UNSPECIFIED | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Aug 2015 08:51 |
Last Modified: | 25 Aug 2015 08:51 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |