Mukhtar, Muhamad (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP SIKAP DOSEN MENGENAI INTERPROFESSIONAL EDUCATION - Studi Observasional Analitik di Universitas Islam Sultan Agung dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Periode Januari 2017 – Maret 2017. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran UNISSULA.

[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (121kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

| Preview Download (255kB)
[thumbnail of Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf]
Preview
Text
Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

| Preview Download (81kB)
[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of 4. BAB I.pdf]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

| Preview Download (346kB)
[thumbnail of 7. BAB IV.pdf] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (298kB)
[thumbnail of 5. BAB II.pdf] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (534kB)
[thumbnail of 8. BAB V.pdf] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (300kB)
[thumbnail of 6. BAB III.pdf] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (521kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (274kB)

Abstract

Interprofessional Education (IPE) adalah suatu metode pendekatan pembelajaran kelompok interaktif yang bertujuan untuk memberikan suasana belajar bersifat kolaborasi untuk mewujudkan praktik kolaborasi, dan penyampaian pandangan mengenai interpersonal, kelompok, organisasi dan hubungan antar organisasi sebagai proses profesionalisasi. Keberhasilan pendekatan pembelajaran Interprofessional Education pada universitas sangat bergantung pada dosen sebagai pengajar serta bagaimana sikap dosen mengenai Interprofessional Education, banyak faktor yang mempengaruhi sikap dosen mengenai Interprofessional Education. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang berpengaruh terhadap sikap dosen mengenai Interprofessional Education.
Penelitian observasional analitik ini menggunakan rancangan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner tentang bagaimana sikap mengenai Interprofessional Education kepada responden yang berada di Universitas Islam Sultan Agung dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung dan mengambil data identitas berupa jenis kelamin, profesi, pendidikan dan lama mengajar. Data penelitian ini dianalisis dengan uji chi-square (X2) dilanjutkan dengan uji regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa distribusi responden paling banyak berjenis kelamin perempuan (60,7%), profesi paling banyak dokter (32,7%) sedangkan pendidikan paling banyak S2 (35,3%) serta banyak dosen yang sudah mengajar lebih dari 5 tahun (59,3%). Hasil uji chi-square (X2) menunjukan ada pengaruh profesi ( p = 0,000) dan pendidikan ( p = 0,003) dosen terhadap sikap mengenai IPE. Faktor dosen yang paling dominan berpengaruh dari kesimpulan hasil uji regresi logistik adalah profesi (p = 0.025; PR = 3.162; IK 95% = 1.152 – 8.674).
Kesimpulan, faktor profesi dan pendidikan mempunyai pengaruh terhadap sikap dosen mengenai Interprofessional Education.

Kata kunci : Interprofessional Education

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:28
Last Modified: 24 Nov 2017 02:28
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7562

Actions (login required)

View Item View Item