TAHILA, NUR ANDRIAN (2017) HUBUNGAN KEBIASAAN BERMAIN VIDEO GAME MENGGUNAKAN HANDPHONE DENGAN POLA MAKAN DAN STATUS GIZI ANAK DI SDN 1 GOLAN TEPUS KUDUS. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

| Preview Download (128kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

| Preview Download (21kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (27kB)
[thumbnail of PUBLIKASI_1.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

| Preview Download (111kB)
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

| Preview Download (29kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (68kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (49kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (67kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (19kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (27kB)

Abstract

Latar Belakang : Kebiasaan bermain video game lebih dari 2 jam dapat menyebabkan perubahan status gizi pada anak. Terjadinya perubahan status gizi dikarenakan aktivitas fisik anak digantikan oleh menonton televisi dan bermain video game. Mengakibatkan metabolisme tubuh anak lebih rendah dibandingkan dengan metabolisme tubuh saat tidur. Hal yang berpengaruh status gizi anak usia sekolah adalah memilih makan yang disukai atau tidak disukai dan lupa saat bermain.
Metode : Penelitian ini menggunkan metode cross sectional. Peneliti menggunakan total sampling dengan 50 responden kelas 5 dan 6 SD 1 Golan Tepus, pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Data dianalisis menggunakan uji Somers’d .
Hasil : Penelitian menunjukkan hasil 53.1% responden perempuan, 44,9% responden usia 11 tahun, 51% responden kelas 6, 44,9% responden kebiasaan bermain video game dengan casual gamers, 38,8% responden pola makannya cukup, 38,8% responden status gizi normal. Hasil uji statistik somers’d hubungan kebiasaan bermain video game menggunakan handphone dengan pola makan anak di SD 1 Golan Tepus Kudus dengan nilai ρ=0,000 dan Hasil uji statistik somers’d hubungan kebiasaan bermain video game menggunakan handphone dengan status gizi anak di SD 1 Golan Tepus Kudus ρ=0,027.
Simpulan : Hasil penelitian terdapat hubungan kebiasaan bermain video game menggunakan handphone dengan pola makan dan status gizi anak di SD 1 Golan Tepus Kudus.

Kata kunci : kebiasaan bermain video game, pola makan, anak usia sekolah, status gizi

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Mahasiswa FIK - Skripsi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:18
Last Modified: 25 Jul 2017 04:18
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7318

Actions (login required)

View Item View Item