Oktaviani, Wulan (2017) RELASI TEMAN SEBAYA DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA SEBAGAI PREDIKTOR PRESTASI BELAJAR SISWA SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Psikologi UNISSULA.

[thumbnail of 2. Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

| Preview Download (88kB)
[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf

| Preview Download (915kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

| Preview Download (115kB)
[thumbnail of 4. BAB I.pdf]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

| Preview Download (169kB)
[thumbnail of 5. BAB II.pdf] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (288kB)
[thumbnail of 6. BAB III.pdf] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (165kB)
[thumbnail of 7. BAB IV.pdf] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (347kB)
[thumbnail of 8. BAB V.pdf] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (87kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relasi teman sebaya dan dukungan sosial orang tua sebagai predikator prestasi belajar siswa SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 133 siswa SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi nilai rapor dan dua skala, yaitu skala relasi teman sebaya berjumlah 30 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,891 dan indeks daya beda aitem berkisar antara 0,297-0,698. Skala dukungan sosial orang tua berjumlah 37 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,908 dan indeks daya beda aitem 0,302-0,570. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hipotesis ke satu menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara relasi teman sebaya dan dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar siswa dengan Ry(1,2) 0,272, Fhitung sebesar 5,185 dengan taraf signifikansi sebesar 0,007 (p<0,01). Hasil uji hipotesis kedua diperoleh korelasi ryx1-x2= 0,106 dengan taraf signifikansi p = 0,224(p > 0,05) artinya tidak ada hubungan antara prestasi belajar dengan relasi teman sebaya. Hasil hipotesis ketiga diperoleh korelasi ryx1-x2= 0,186 dengan taraf signifikansi p = 0,032 (pada p <0,05) artinya ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dengan dukungan sosial orang tua.

Kata kunci : prestasi belajar, relasi teman sebaya dan dukungan sosial orang tua

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2017 05:38
Last Modified: 19 Jul 2017 05:38
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7221

Actions (login required)

View Item View Item