Ardiyansyah, Fahri (2016) PENINGKATAN DISIPLIN DAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI DONOROJO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of ABSTRAK_1.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

| Preview Download (73kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_1.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

| Preview Download (103kB)
[thumbnail of BAB I_1.pdf]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

| Preview Download (128kB)
[thumbnail of COVER_1.pdf]
Preview
Text
COVER_1.pdf

| Preview Download (1MB)
[thumbnail of BAB III_1.pdf] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (179kB)
[thumbnail of BAB II_1.pdf] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (172kB)
[thumbnail of BAB IV_1.pdf] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (445kB)
[thumbnail of BAB V_1.pdf] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (80kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

| Preview Download (76kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (85kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dikarenakan kemampuan membaca Puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh di bawah KKM. Selain itu disiplin siswa yang masih rendah. Penelitian yang digunakan adalah termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian di SDN Donorojo 01Kecamatan Demak Kabupaten Demak pada kelas V dengan menggunakan metode Quantum Learning bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa dan disiplin pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi puisi. Penelitian dilaksanakan pada 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja,angket dan observasi. Pada siklus I disiplin mendapat persentase 67,64% dengan kriteria kurang. Pada siklus II disiplin mendapat persentase 94,17% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan kemampuan membaca puisi siswa siklus I persentase ketuntasan klasikalnya mencapai 71, 17% dan siklus II ketuntasan klasikalnya mencapai 94, 11%. Dapat disimpulkan bahwa metode Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca Puisi dan disiplin siswa di kelas V SDN Donorojo 01.

Kata Kunci: puisi, Disiplin, Metode Quantum Learning

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:25
Last Modified: 03 Jan 2017 01:25
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6482

Actions (login required)

View Item View Item