Prasetiyaningrum, Octariani (2016) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS IV SD N GENUKSARI 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

| Preview Download (5MB)
[thumbnail of 2. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
2. DAFTAR ISI.pdf

| Preview Download (13kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

| Preview Download (20kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (66kB)
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (123kB)
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (8kB)
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (196kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

| Preview Download (7kB)
[thumbnail of ABSTRAK_1.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

| Preview Download (5MB)
[thumbnail of PUBLIKASI_1.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

| Preview Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah peningkatan disiplin dan prestasi belajar mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Genuk Sari 02. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus dan setiap siklusnya 2 pertemuan. Terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Genuk Sari 02 yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Adanya peningkatan disiplin siswa ditunjukan dengan peningkatan disiplin siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh jumlah skor 3975 dengan persentase 84,57% termasuk kriteria motivasi siswa cukup baik. Pada siklus II diperoleh skor 4140 dengan persentase 88,08 % termasuk kriteria disiplini sangat baik. adanya peningkatan prestasi belajar ditunjukan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa setiap siklus. Prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 48,93 dengan persentase ketuntasan belajar 59,57 %. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 65,69 dengan persentase ketuntasan 87,23 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri Genuk Sari 02.

Kata Kunci : Disiplin, Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Talking Stick

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 07:05
Last Modified: 30 Dec 2016 07:05
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item View Item