AMALIA, NINDIANA TRI (2016) Hubungan Experiential Marketing Terhadap Pembentukan Loyalitas Nasabah Bank Perkreditan Rakyat Weleri Makmur Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi UNISSULA.

[thumbnail of COVER_1.pdf]
Preview
Text
COVER_1.pdf

| Preview Download (346kB)
[thumbnail of ABSTRAK_1.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

| Preview Download (135kB)
[thumbnail of PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

| Preview Download (96kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_1.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

| Preview Download (360kB)
[thumbnail of BAB I_1.pdf] Text
BAB I_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (378kB)
[thumbnail of BAB II_1.pdf] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (507kB)
[thumbnail of BAB III_1.pdf] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (354kB)
[thumbnail of BAB IV_1.pdf] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (99kB)
[thumbnail of BAB V_1.pdf] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (75kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

| Preview Download (196kB)

Abstract

BPR Weleri Makmur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang
ekonomi yang berpusat di daerah Semarang. Persaingan di dunia bisnis ekonomi yang
semakin pesat dewasa ini, menjadikan BPR Weleri Makmur harus lebih cermat dalam
meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat membentuk dan meningkatkan loyalitas
nasabah. Dalam rangka menciptakan suatu pendekatan pemasaran yang tak terlupakan,
guna membentuk dan mempertahankan loyalitas nasabah melalui strategi penciptaan
program experiential marketing yang tepat, unik dan berkesinambungan, maka penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada hubungan experiential marketing yang
terdiri dari unsur panca indera (sense), perasaan (feel), cara berpikir (think), kebiasaan
(act), dan pertalian (relate), terhadap pembentukan loyalitas nasabah. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini yakni, integrated marketing communications, karena teori
ini sesuai dengan pengembangan dan implementasi dari program komunikasi persuasif
perusahaan kepada nasabah maupun calon nasabahnya secara berkelanjutan.
Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner
sebagai instrumennya. Responden penelitian ini adalah nasabah jenis kredit BPR Weleri
Makmur, dengan jumlah sampel yang diteliti yakni sebanyak 180 nasabah, menggunakan
metode kuantitatif non probability sampling. Uji validitas instrumen menggunakan
confirmatory factor analysis, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan cronbach alpha.
Teknik analisis penelitian ini menggunakan korelasi berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa masing – masing variabel experiential marketing berkolerasi namun
masuk dalam kategori yang rendah, serta memiliki nilai kontribusi terhadap pembentukan
loyalitas nasabah yang rendah. Namun ketika semua variabel independen digabungkan,
menghasilkan nilai kontribusi yang sedang, dengan angka kontribusi terhadap
pembentukan loyalitas nasabah sebesar 24%, yang artinya 76% sisanya ditentukan oleh
variabel lain. Dalam penelitian ini telah ditemukan lima variabel lain yang mempengaruhi
loyalitas nasabah, yakni; komitmen, kepuasan, kepercayaan, komunikasi antar pribadi,
dan word of mouth. Sedangkan hasil dari nilai Sig.F change 0,000 < 0,05, maka
keputusannya adalah H
01-6
ditolak dan H
diterima. Artinya variabel experiential
marketing berhubungan secara simultan dan signifikan terhadap pembentukan loyailtas
nasabah BPR Weleri Makmur.
a1-6
Kata kunci: experiential marketing, marketing public relations, loyalitas

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 21 Nov 2016 03:31
Last Modified: 21 Nov 2016 03:31
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5890

Actions (login required)

View Item View Item