Noor, Hamidatun (2016) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 02 PELANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[thumbnail of 1 Halaman Awal.pdf]
Preview
Text
1 Halaman Awal.pdf

| Preview Download (122kB)
[thumbnail of 8 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
8 Daftar Isi.pdf

| Preview Download (100kB)
[thumbnail of 6 Abstrak.pdf]
Preview
Text
6 Abstrak.pdf

| Preview Download (87kB)
[thumbnail of 12 BAB 1.pdf] Text
12 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (103kB)
[thumbnail of 13 BAB 2.pdf] Text
13 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (236kB)
[thumbnail of 14 BAB 3.pdf] Text
14 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (382kB)
[thumbnail of 16 BAB 5.pdf] Text
16 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (90kB)
[thumbnail of 15 BAB 4.pdf] Text
15 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

| Preview Download (416kB)
[thumbnail of 17 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
17 Daftar Pustaka.pdf

| Preview Download (90kB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia yang ada di SDN 02 Pelang kelas V, guru masih menggunakan teacher centered, kurang mengoptimalkan media pembelajaran, dan kemandirian siswanya kurang dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa serta ketrampilan guru. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 pertemuan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SDN 02 Pelang, yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik tes dan non tes. Alat pengumpulan data teknik tes yaitu menggunakan lembar evaluasi dan teknik non tes menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian, prestasi belajar, dan ketrampilan guru meningkat. Hasil keterampilan guru menunjukkan bahwa siklus I 3,45 (baik), siklus II 4,25 (sangat baik). Kemandirian siswa dalam siklus I jumlah skor keseluruhan 62,95% (cukup), siklus II memperoleh 86,1% (sangat baik). Pretasi belajar pada siklus I memperoleh rata-rata 66,95 dengan presentase 55%, siklus II memperoleh rata-rata 90,5 dengan presentase ketuntasan 95%. Nilai tersebut memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Saran dari peneliti yaitu hendaknya guru meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar siswa, dan sekolah hendaknya melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran yang berkualitas.

Kata Kunci: Kemandirian, Prestasi Belajar, Talking Stick

Dosen Pembimbing: UNSPECIFIED | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Sep 2016 04:16
Last Modified: 30 Sep 2016 04:16
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5343

Actions (login required)

View Item View Item