Wardhani, Yulita Galuh Prima (2025) ANALISIS SOAL MATEMATIKA PADA UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IV DI SDN 4 PELEM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100099_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302100099_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil mata pelajaran Matematika kelas IV SDN 4 Pelem Tahun Pelajaran 2024/2025 berdasarkan taksonomi Bloom revisi serta menelaah pemahaman konsep siswa terhadap soal tersebut. Instrumen penelitian berupa 40 butir soal yang terdiri atas pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Analisis distribusi soal menunjukkan dominasi keterampilan berpikir tingkat rendah (LOTS) pada ranah C1 (25%), C2 (25%), dan C3 (22,5%) dengan total 72,5%, sementara keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) meliputi C4 (15%), C5 (5%), dan C6 (5%) masih terbatas. Hasil ini menunjukkan bahwa instrumen evaluasi lebih menekankan pada aspek mengingat, memahami, dan mengaplikasikan, sedangkan kemampuan analisis, evaluasi, dan mencipta belum terakomodasi secara optimal. Pemahaman konsep matematika siswa dianalisis dengan mengacu pada delapan indikator Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 melalui studi terhadap tiga siswa, yaitu Chairunisa Ahma Dya Zahro, Harvan Helminatta Pratama, dan Nafisa Monica Sari. Hasil analisis menunjukkan adanya variasi capaian: Chairunisa menonjol pada indikator dasar seperti menyatakan ulang konsep dan representasi matematis, Harvan cukup stabil pada sebagian besar indikator meskipun masih terdapat kesalahan dalam klasifikasi, sedangkan Nafisa unggul pada indikator lanjutan seperti mengaitkan konsep dan mengembangkan syarat perlu serta cukup. Variasi ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa tidak seragam dan dipengaruhi oleh perbedaan individu. Temuan penelitian ini menegaskan perlunya pengembangan strategi pembelajaran dan penyusunan instrumen evaluasi yang lebih seimbang antara soal LOTS dan HOTS agar kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat terasah sejak dini. Implikasi penelitian ini penting bagi guru dalam merancang soal dan metode pembelajaran yang lebih kontekstual, bagi siswa untuk melatih keterampilan berpikir kritis, logis, dan kreatif, serta bagi akademisi sebagai dasar penelitian lanjutan mengenai efektivitas soal HOTS dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar.
Kata kunci: analisis soal, taksonomi Bloom, pemahaman konsep, LOTS, HOTS
| Dosen Pembimbing: | Kusumadewi, Rida Feronika | nidn0604048701 |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 01:55 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
