Muna, Durrotul (2025) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN VERBAL SISWA KELAS VII DALAM MATERI KESEBANGUNAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Matematika_34202100026_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Matematika_34202100026_fullpdf.pdf

| Download (5MB)
[thumbnail of Pendidikan Matematika_34202100026_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Matematika_34202100026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi pemahaman verbal siswa dalam materi kesebangunan serta dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di kelas VII F MTs Negeri 2 Semarang sebanyak 33 siswa.
Subjek utama dalam penelitian ini dipilih berdasarkan rekomendasi guru matematika kelas VII F berdasarkan tingkat kognitif siswa. Sehingga dipilih 3 siswa sebagai subjek utama, yaitu siswa dengan kognitif tinggi, siswa dengan kognitif sedang, dan siswa dengan kognitif rendah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa siswa dengan tingkat kognitif tinggi memiliki pemahaman verbal pada level high understanding, siswa dengan tingkat kognitif sedang memiliki pemahaman verbal pada level medium understanding, dan siswa dengan kognitif rendah memiliki pemahaman verbal pada level basic understanding. Adapun siswa pada level high understanding memiliki kemampuan berpikir kritis level medium order thinking, siswa pada level medium understanding memiliki kemampuan berpikir kritis pada level medium order thinking, dan siswa pada level basic understanding memiliki kemampuan berpikir kritis level low order thinking.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa diantara siswa dalam satu kelas dengan keragaman kognitif akan memiliki keragaman pemahaman verbal yang bervariasi. Tingkat pemahaman verbal siswa tidak secara otomatis menjamin keseragaman terhadap kemampuan berpikir krits siswa. Sebagaimana temuan dalam penelitian ini bahwa siswa dengan pemahaman verbal yang tinggi dan siswa dengan pemahaman verbal yang sedang terdapat pada level kemampuan berpikir kritis yang sama, yaitu level medium order thinking.
Kata Kunci: Pemahaman Verbal, Kesebangunan, Kemampuan Berpikir Kritis

Dosen Pembimbing: Aminudin, Mohamad | nidn0609058401
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:07
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42971

Actions (login required)

View Item View Item