Nurlaila, Ihda Sulkha (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE CAPTIVATE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTS NU 11 KISABARIMAN KENDAL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Matematika_34202100040_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Matematika_34202100040_fullpdf.pdf

| Download (4MB)
[thumbnail of Pendidikan Matematika_34202100040_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Matematika_34202100040_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (797kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis Adobe Captivate terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs NU 11 Kisabariman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket. Analisis data menggunakan uji One Sample t-Test, uji Paired Sample t-Test, dan uji N-Gain.
Hasil penelitian: (1) uji One Sample t-Test menunjukkan bahwa terdapat pencapaian rata-rata KKM lebih dari 75 yaitu 82.29. (2) uji Paired Sample t-Tes menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sesudah diterapkannya media pembelajaran berbasis Adobe Captivate yaitu dari 42,57 menjadi 82,29 (3) Uji N-Gain menunjukkan nilai 68% yang termasuk dalam kategori sedang dan cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Adobe Captivate cukup efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa .

Kata kunci: Efektivitas, Adobe Captivate, Pemecahan Masalah Matematika

Dosen Pembimbing: Maharani, Hevy Risqi | nidn0610088701
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Mahasiswa FKIP - Skripsi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 10 Dec 2025 07:07
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42969

Actions (login required)

View Item View Item