ADZIMAH, FAIZATUL (2025) PENGARUH PROGRAM SHOLAT DHUHA TERHADAP SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) PESERTA DIDIK KELAS VIII A DI MTs NU MRANGGEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100049_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31502100049_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Program sholat dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas spiritual individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program sholat dhuha terhadap Spiritual Quotient (SQ) peserta didik Kelas VIII A di MTs NU Mranggen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan SPSS 26. Sampel penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti program sholat dhuha.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari program sholat dhuha terhadap peningkatan Spiritual Quotient (SQ) peserta didik Kelas VIII A. Hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan sholat dhuha secara teratur dapat meningkatkan kesadaran dan pengelolaan spiritual siswa.
Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa program sholat dhuha efektif dalam meningkatkan SQ peserta didik Kelas VIII A di MTs NU Mranggen. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah mengintegrasikan program ini dalam kegiatan keagamaan rutin sebagai upaya pengembangan karakter spiritual.
Kata Kunci: Sholat Dhuha, Spiritual Quotient (SQ)
| Dosen Pembimbing: | Sholeh, Muhtar Arifin and Makhshun, Toha | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
| Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 06:39 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
