Muzaro’ah, Dela Amellya (2025) HUBUNGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) GURU PAI DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 GEMBONG TAHUN 2025/2026. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502100042_fullpdf.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100042_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Pendidikan Agama Islam_31502100042_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Pendidikan Agama Islam_31502100042_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan minat belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Gembong tahun pelajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII, dan pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling) sebanyak 83 responden.
Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa metode STAD dapat menjadi alternatif strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam menumbuhkan minat belajar peserta didik. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan metode ini secara konsisten dan kreatif guna menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna.
Kata Kunci: Metode STAD, Guru PAI, Minat Belajar, Pembelajaran Kooperatif, SMPN 1 Gembong

Dosen Pembimbing: Makhshun, Toha and Muflihin, Ahmad | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Mahasiswa FAI - Skripsi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Nov 2025 07:33
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42437

Actions (login required)

View Item View Item