AFNI, FAHMA TSALTSA NUR (2025) ANALISIS TINGKAT LITERASI DIGITAL REMAJA FASE AKHIR PENGGUNA FITUR ANONYMOUS CHATBOT TELEGRAM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100129_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100129_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100129_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100129_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (27kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital membuka ruang interaksi baru, namun juga memunculkan tantangan berupa penyalahgunaan media. Salah satunya adalah penggunaan fitur anonymous chat bot di Telegram yang banyak digunakan remaja fase akhir. Fitur ini memberi kebebasan berinteraksi tanpa identitas, tetapi juga sering menjadi celah pelecehan seksual, percakapan tidak pantas, dan penyalahgunaan identitas. Rendahnya literasi digital remaja, khususnya pada aspek keamanan dan etika bermedia, membuat mereka rentan terhadap risiko tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat literasi digital remaja fase akhir dalam penggunaan anonymous chat bot, dengan fokus pada pemahaman, sikap, dan kesadaran etika digital.
Untuk menemukan hasil yang akurat penelitian ini akan menggunakan teori pembelajar sosial (sosial learning theory) Albert Bandura. Teori pembelajaran sosial menjelaskan bahwa perilaku dan pengetahuan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal seperti kebiasaan dan pengalaman, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti budaya,sosial, dan lingkungan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivis. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan tiga informan berusia 18–21 tahun yang merupakan pengguna aktif, serta diperkuat dengan literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi digital remaja masih berada pada kategori dasar hingga menengah. Sebagian memahami fungsi dasar fitur dan potensi risikonya, namun belum konsisten menerapkan langkah pencegahan. Sementara itu, remaja dengan literasi digital lebih tinggi cenderung lebih selektif dan bertanggung jawab dalam menggunakan fitur anonim. Kesimpulannya, literasi digital remaja fase akhir perlu ditingkatkan, terutama pada aspek etika, keamanan, dan tanggung jawab bermedia.

Kata Kunci : Tingkat Literasi, Annonymous chatbot, Etika bermedia, Remaja Akhir

Dosen Pembimbing: Aristhya, Iky Putri | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:51
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42235

Actions (login required)

View Item View Item