MARISKA, REFI (2025) ANALISIS STRATEGI KONTEN @SEPUTARKULIAH SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INFORMASI DUNIA KULIAH MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802100082_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802100082_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Konten yang diunggah oleh Media sosial digunakan sebagai alat untuk menyebarluaskan informasi dan dalam berkomunikasi melalui konten. Setiap konten memiliki ciri khasnya tersendiri namun setiap konten harus bisa menyampaikan maksud yang ingin disampaikan oleh komunikator. Tujuan dati penelitian ini adalah guna mengetahui analisis konten @seputarkuliah sebagai media komunikasi informasi dunia kuliah melalui media sosial instagram.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisis konten Instagram @seputarkuliah sebagai media komunikasi informasi dunia kuliah. Subjek penelitian adalah akun Instagram @seputarkuliah, dengan data berupa tangkapan layar unggahan dan sumber dari observasi serta studi pustaka. Teknik analisis meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan validitas data diuji melalui triangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah akun Instagram @seputarkuliah berhasil mengimplementasikan teori Circular Model SOME (Share, Optimize, Manage, Engage) secara efektif dalam penyampaian kontennya. Konten yang diunggah tidak hanya mencakup informasi seputar pendidikan, seperti beasiswa dan tips kuliah, tetapi juga memberikan solusi konkret atas permasalahan yang sering dihadapi mahasiswa, seperti kebingungan jurusan, tekanan akademik, dan kebutuhan informasi seputar karier. Akun ini mampu membangun hubungan yang bersifat personal dengan pengikutnya melalui konten yang dekat secara emosional dan informatif. Strategi ini tidak hanya memperkuat kepercayaan publik, tetapi juga meningkatkan efektivitas komunikasi digital yang edukatif dan inspiratif. Dengan pendekatan ini, @seputarkuliah menjadi contoh nyata bagaimana media sosial dapat digunakan sebagai saluran komunikasi publik yang positif dan membangun..
kata kunci : komunikasi; instagram; informasi; kuliah; konten
| Dosen Pembimbing: | Mubarok, Fikry Shofin | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:48 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
