DEVI, NELLA ANISA (2025) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIRELLE BEAUTY MELALUI SHOPEE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100077_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100077_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100077_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100077_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan industri skincare lokal di Indonesia yang semakin ketat, di mana brand-brand lokal berusaha menghadirkan inovasi produk sekaligus strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian konsumen. Mirelle Beauty sebagai salah satu brand skincare lokal memanfaatkan platform e-commerce Shopee dengan strategi promosi penjualan serta dukungan influencer untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif promosi penjualan dan influencer, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan pembelian produk Mirelle Beauty melalui Shopee. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan paradigma positivisme. Populasi penelitian adalah 34.000 pengikut akun Shopee Mirelle Beauty, dengan jumlah sampel 100 responden yang ditentukan melalui rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,015 (<0,05) dan nilai t hitung 2.466 > t tabel 1,984. Variabel influencer juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan nilai t hitung 5,666 > t tabel 1,984. Secara simultan, promosi penjualan dan influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung 111.954 > F tabel 3,09. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,698 atau 69.8%, yang berarti kedua variabel independen memberikan kontribusi sebesar 69,8% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 30,2% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian.Keterbatasan penelitian ini adalah hanya berfokus pada platform Shopee sebagai media e-commerce dan menggunakan sampel yang relatif terbatas, sehingga belum sepenuhnya merepresentasikan seluruh konsumen Mirelle Beauty.
Kata Kunci: Promosi Penjualan, Influencer, Keputusan Pembelian, E-commerce, Shopee.

Dosen Pembimbing: Mulyadi, Urip | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2025 01:48
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42217

Actions (login required)

View Item View Item