FEBRIANA, MONICA (2025) PENGARUH TIKTOK MARKETING ECINOS TERHADAP BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE PADA FOLLOWERS TIKTOK @ecinos.id. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100061_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100061_fullpdf.pdf

| Download (2MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100061_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100061_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya media sosial TikTok sebagai salah satu platform digital yang dimanfaatkan oleh brand untuk meningkatkan kesadaran merek dan citra merek. Ecinos.id hadir sebagai brand lokal yang memanfaatkan strategi TikTok marketing dalam membangun kedekatan dengan audiens dan memperkuat posisinya di pasar fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh TikTok marketing terhadap brand awareness dan brand image pada followers TikTok @ecinos.id. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Brand Equity Theory. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan paradigma positivisme. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik probability sampling kepada 100 responden yang merupakan followers TikTok @ecinos.id. Uji perhitungan pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Versi 31 untuk menguji data statistik.
Hasil uji validitas dan reliabilitas seluruh item kuesioner menunjukan bahwa semua item dinyatakan valid dan reliabel. Hasil uji analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan TikTok marketing terhadap brand awareness sebesar 18,1%, sedangkan sisanya 81,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. TikTok marketing juga berpengaruh signifikan terhadap brand image sebesar 70,1%, sedangkan sisanya 29,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Kemudian hasil uji T menunjukan bahwa variabel TikTok marketing berpengaruh positif secara signifikan terhadap brand awareness dan brand image. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa teori Brand Equity relevan digunakan untuk menjelaskan bagaimana strategi pemasaran melalui TikTok mampu memperkuat kesadaran merek dan citra merek pada followers TikTok @ecinos.id.

Kata Kunci: TikTok Marketing, Brand Awareness, Brand Image, Brand Equity

Dosen Pembimbing: Trimanah, Trimanah | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 20 Nov 2025 06:23
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42200

Actions (login required)

View Item View Item