SALGADO, MICHAELL ROBI (2025) STRATEGI KOMUNIKASI TOMORO COFFE NGALIYAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI LAYANAN DAN IKLAN APLIKASI SHOPEEFOOD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100059_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100059_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100059_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100059_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya industry kopi di Indonesia ditandai dengan menjamurnya kafe dan kedai kopi. Tomoro Coffe Ngaliyan merupakan salah satu contoh kafe yang memanfaatkan tren ini dengan konsep nyaman dan modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh Tomoro Coffe Ngaliyan dalam meningkatkan penjualan melalui layanan dan iklan Shopeefood. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara dan analisis data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tomoro Coffee menerapkan strategi pemasaran yang terstruktur dan efektif melalui pendekatan Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP), serta model Stimulus-Organism-Response (SOR). Melalui promosi yang menarik, presentasi produk yang menggugah selera, dan layanan pengantaran yang cepat, perusahaan berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan dan penjualan produk mereka secara signifikan. Kolaborasi dengan brand populer, seperti Jujutsu Kaisen, juga terbukti efektif dalam menarik minat pasar yang lebih luas, terutama di kalangan penggemar anime dan budaya pop. Dengan memperkenalkan produk yang berkolaborasi dengan karakter-karakter yang dikenal, Tomoro Coffee berhasil menciptakan buzz yang positif dan meningkatkan visibilitas merek mereka.Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi yang berguna bagi pengembangan strategi komunikasi digital di sektor kuliner, serta memberikan wawasan tentang pentingnya inovasi dan kolaborasi dalam menarik perhatian konsumen di pasar yang semakin kompetitif.
Kata kunci : Strategi komunikasi, peningkatan penjualan, ShopeeFood

Dosen Pembimbing: Mulyadi, Urip | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 20 Nov 2025 06:22
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42198

Actions (login required)

View Item View Item