ANGGRAINI, FIDELVIA YUNITA (2025) ANALISIS RESEPSI TENTANG MORALITAS BERMEDIA SOSIAL PADA FILM BUDI PEKERTI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000152_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000152_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini mengkaji resepsi audience tentang moralitas bermedia social yang di tampilkan dalam adegan film budi pekerti. Film ini menceritakan dinamika moralitas bermedia social yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat digital yang memicu perdepatan pro dan kontra di kalangan audience. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana audience memaknai tentang moralitas bermedia social pada film tersebut. Penelitian ini memiliki pembaruan yang signifikan di banding penelitian sebelumnya yang menggunakan studi kepustakaan, pendekatan analisis wacana, dan analisis semiotika sedangkan penelitian ini khusus mengkaji pemaknaan audience terhadap moralitas dalam bermedia social melalui analisis resepsi stuart hall. Metode yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma kontruktivisme, mengacu pada teori resepsi dari stuart hall. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (encoding) menetapkan preferred reading pesan media/dokumentasi, observasi film, dan ( decoding) pemaknaan/penerimaan audience terhadap hasil wawancara, observasi non verbal mendalam dengan empat audience yang di pilih secara purposive, dan studi pustaka sebagai pelengkap data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar audience berada pada posisi negosiasi, audience menerima pesan dari media namun terdapat pengecualian sesuai nilai social budaya mereka dan oposisi, audience secara kritis menolak pesan dari media sesuai nilai budaya yang mereka anut. Mereka menyadari bahwa perilaku merekam dan menyebarkan video secara diam-diam tanpa konteks yang utuh merupakan pelanggaran etika dan privasi. Selain itu, dampak psikologis terhadap individu yang menjadi korban viralitas juga menjadi sorotan penting. Meskipun ada pemahaman terhadap pesan moral yang disampaikan, audience juga menolak sebagian isi pesan karena tidak sejalan dengan nilai-nilai yang mereka anut. Penelitian ini menegaskan bahwa pemaknaan terhadap moralitas dalam bermedia sosial bersifat aktif dalam menafsirkan pesan media, tergantung pada latar belakang sosial, pendidikan, nilai, dan pengalaman masing-masing individu. Dengan demikian, film dapat menjadi medium refleksi sosial dan edukatif dalam menanamkan nilai moral bermedia secara bijak di era digital. Kata Kunci: Resepsi, Moralitas Bermedia Sosial, Budi Pekerti.
| Dosen Pembimbing: | Aristhya, Iky Putri | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 07:20 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42188 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
