PANGESTU, ADAM RAHMADHAN DWIMAS (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. MULTI MEDIKA RAHARJO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000005_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000005_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Multi Medika Raharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan pelanggan perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah penggunaan media sosial dan kualitas pelayanan, sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa interaksi yang efektif melalui media sosial dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memperkuat loyalitas. Selain itu, kualitas pelayanan juga memiliki pengaruh yang signifikan, di mana keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik menjadi faktor penting dalam meningkatkan persepsi positif pelanggan.
Dengan demikian, PT. Multi Medika Raharjo disarankan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan serta memanfaatkan media sosial sebagai platform komunikasi yang responsif dan interaktif guna memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka.
Kata Kunci: Media Sosial, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
| Dosen Pembimbing: | Mulyadi, Urip | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Mahasiswa FIKOM - Skripsi Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 07:17 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/42178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
