QOTHROH, IHDA AMALIA (2025) HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA PADA GURU MADRASAH ALIYAH X KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Psikologi_30702100235_fullpdf.pdf] Text
Psikologi_30702100235_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Psikologi_30702100235_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Psikologi_30702100235_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara beban kerja dengan stres kerja pada guru madrasah aliyah kota Semarang. Hipotesis pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara beban kerja dan stres kerja. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik studi populasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 guru di Madrasah Aliyah X Kota Semarang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 skala. Skala stres kerja yang terdiri dari 23 aitem memiliki koefisisen reliabilitas sebesar 0,862 dan beban kerja yang terdiri dari 15 aitem memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,803. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment Pearson. Hasil hipotesis pada penelitian ini diterima dimana hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara beban kerja dengan yang diukur menggunakan teknik analisis Spearman menunjukkan ada hubungan sangat signifikan antara beban kerja dengan stres kerja diperoleh r_xy = 0,857 dengan siginifikansi 0,000 (p<0,01) sehingga hipotesis dapat diterima dan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara beban kerja dengan stres kerja pada guru Madrasah Aliyah X Kota Semarang.

Kata Kunci : Beban Kerja, Stres Kerja

Dosen Pembimbing: ROHMATUN, ROHMATUN | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 17 Nov 2025 02:18
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41991

Actions (login required)

View Item View Item