ZAIDAN, TRISYA HIKMAL (2025) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MUSIC PERFORMANCE ANXIETY PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI MUSIK DI UNIVERSITAS X. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Psikologi_30702100207_fullpdf.pdf] Text
Psikologi_30702100207_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Psikologi_30702100207_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Psikologi_30702100207_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara efikasi diri dengan music performance anxiety pada mahasiswa Pendidikan Seni Musik Universitas X. Penelitian ini melibatkan 80 mahasiswa angkatan 2023 yang diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala, yaitu Generalized Self-Efficacy Scale yang dikembangkan oleh Ralf Schwarzer dan Matthias Jerusalem serta Music Performance Anxiety Inventory for Adolescents (MPAI-A) yang disusun oleh Osborne dan Kenny. Skala efikasi diri terdiri dari 10 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,877, sedangkan skala kecemasan penampilan musik terdiri dari 15 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,883. Teknik analisis data menggunakan metode uji korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan kecemasan penampilan musik, dengan nilai rxy = 0,282 pada taraf signifikansi 0,018 (p < 0,05). Namun, karena hipotesis penelitian mengajukan adanya hubungan negatif, maka hipotesis tersebut dinyatakan ditolak.

Kata kunci: efikasi diri, kecemasan penampilan musik, mahasiswa seni musik

Dosen Pembimbing: HANDAYANI, AGUSTIN | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:54
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41983

Actions (login required)

View Item View Item