NAFSI, TAZKIYYATUN (2025) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KECENDERUNGAN NARSISTIK PADA GENERASI Z PENGGUNA INSTAGRAM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Psikologi_30702100205_fullpdf.pdf] Text
Psikologi_30702100205_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Psikologi_30702100205_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Psikologi_30702100205_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara kepercayaan diri dengan kecenderungan narsistik pada generasi z pengguna instagram. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi UIN Walisongo Semarang dengan sampel penelitian sebanyak 207 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri dan skala kecenderungan narsistik. Teknik analisis data menggunakan product moment. Skala kepercayaan diri dengan 29 aitem memiliki reliabilitas 0.003 serta skala kecenderungan narsistik memiliki 42 aitem dengan reliabilitas 0.005 yang berdistribusi tidak normal, sehingga dilakukan uji normalitas kembali dengan menggunakan uji residual pada kedua variabel. Hasil signifikansi 0.077 yang artinya data dari kedua variabel berdistribusi secara normal. Hasil hipotesis menunjukkan nilai korelasi rxy = -0.686 dan signifikansi 0.000 (p < 0.05), temuan tersebut mengindikasikan jika ditemukan hubungan negatif pada variabel kepercayaan diri dengan kecenderungan narsistik.
Kata Kunci: Kepercayaan diri, Kecenderungan Narsistik, Instagram

Dosen Pembimbing: Supradewi, Ratna | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:51
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41982

Actions (login required)

View Item View Item