RAMADHANI, FARDHILA (2025) HUBUNGAN ANTARA PROBLEM FOCUSED COPING DENGAN KECEMASAN PADA REMAJA YANG SEDANG BERPACARAN JARAK JAUH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Psikologi_30702100077_fullpdf.pdf] Text
Psikologi_30702100077_fullpdf.pdf

| Download (1MB)
[thumbnail of Psikologi_30702100077_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Psikologi_30702100077_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara problem focused coping dengan kecemasan. Populasi yang diambil adalah mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Angkatan 2022 yang berjumlah 2.507 mahasiswa aktif. Sampel penelitian sebanyak 112 subjek mahasiswa program studi Manajemen, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala kecemasan yang terdiri dari 19 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,877 dan skala problem focused coping yang terdiri dari 28 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,864. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara problem focused coping dengan kecemasan pada remaja yang sedang berpacaran jarak jauh. Analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment memperoleh nilai rxy= -0,709 dengan signifikan 0,000 (p <0,01). Hasil ini menunjukkan bahwa semakintinggi penggunaan problem focused coping, maka semakin rendah tingkat kecemasan pada remaja ynag sedang berpacaran jarak jauh, dan sebaliknya. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Kata kunci: Kecemasan, Problem Focused Coping

Dosen Pembimbing: ROHMATUN, ROHMATUN | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 Nov 2025 09:03
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41940

Actions (login required)

View Item View Item