AISYAH, AUFA DESVIANA (2025) HUBUNGAN ANTARA KETAKUTAN AKAN DINILAI NEGATIF (FEAR OF NEGATIVE EVALUATION) DENGAN PENERIMAAN DIRI PADA WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN (WBP) DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIB SLEMAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
|
Text
Psikologi_30702100048_fullpdf.pdf |
|
|
Text
Psikologi_30702100048_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara fear of negative evaluation dengan penerimaan diri pada warga binaan pemasyarakatan di LAPAS. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini melibatkan 167 warga binaan pemasyarakatan, yaitu 100 subjek untuk uji coba dan 67 subjek untuk penelitian dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala fear of negative evaluation yang terdiri dari 26 butir pernyataan dengan koefisien reliabilitas 0,908 dan skala penerimaan diri yang terdiri dari 13 butir pernyataan 0,834. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan korelasi product moment pearson terdapat hubungan yang negatif antara fear of negative evaluation dengan penerimaan diri. Hal ini dapat dilihat dari hasil koefisien korelasi rxy sebesar -0,247 dengan taraf signifikansi sebesar 0,044 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi fear of negative evaluation, maka semakin rendah penerimaan diri dan begitu juga sebaliknya.
Kata Kunci : Fear of Negative Evaluation, Penerimaan Diri, Warga Binaan Pemasyarakatan
| Dosen Pembimbing: | Kuncoro, Joko | UNSPECIFIED |
|---|---|
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi > Mahasiswa FPSI - Skripsi Psikologi |
| Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:41 |
| URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/41929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
