Muna, Fina Fadhilatul (2025) Pengaruh Terpaan Konten dan Kualitas Informasi Akun Instagram @garudarevolution.football Terhadap Kepuasan Informasi Timnas Sepak Bola Indonesia Pada Followers. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100131_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100131_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (63kB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100131_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100131_fullpdf.pdf

| Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pesatnya perkembangan teknologi dan internet yang dinamis mempermudah dan mempercepat aktivitas manusia, seperti dalam memperoleh informasi pada media sosial. Salah satu platform yang paling banyak dipakai yakni Instagram, yang memungkinkan penyebaran informasi secara luas, seperti akun pengelola akun Instagram @garudarevolution.football. Peneliti melihat adanya upaya besar yang dilakukan pengelola dalam menerpa penggunanya dengan menggunakan informasi untuk meningkatkan loyalitas bagi pengikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terpaan konten dan kualitas informasi followers terhadap kepuasan yang diperoleh followers setelah mengkonsumsi informasi dan konten dari akun Instagram @garudarevolution.football. Mengacu pada Teori Uses and Gratfication, pendekatan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan paradigma positivis serta metode survei. Lewat kuesioner online data dari penelitian ini dikumpulkan yang diisi oleh 100 responden, yang merupakan pengikut dari akun Instagram @garudarevolution.football, dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua item kuesioner dinyatakan valid sebab r hitung > r tabel (0,195) serta item kuesioner dinyatakan reliabel dengan nilai di atas 0,700. Pengaruh terpaan konten dan kualitas informasi secara parsial terhadap kepuasan informasi sama-sama memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 kurang dari 0,05. Pada hasil uji T pengaruh terpaan konten terhadap kepuasan informasi memperoleh nilai t hitung sebesar 5,297. Kemudian, pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan informasi memperoleh nilai t hitung sebesar 7,709 serta kedua nilai tersebut lebih besar dibanding t tabel 1,984. Pada hasil uji F, pengaruh terpaan konten dan kualitas informasi terhadap kepuasan informasi secara simultan memperoleh nilai f hitung sebesar 74,076 serta lebih besar dari f tabel 3,09. Pada hasil koefisien determinasi, variabel terpaan konten dan kualitas informasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan informasi dengan nilai sebesar 59,6%. Dengan demikian, bisa ditarik kesimpulan bahwa terpaan konten dan kualitas informasi akun Instagram @garudarevolution.football memiliki pengaruh positif baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan informasi timnas sepak bola Indonesia pada followers.

Kata Kunci: Terpaan Konten, Kualitas Informasi, Instagram, Kepuasan Informasi, Teori Uses and Gratification

Dosen Pembimbing: Mubarok, Mubarok | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2025 06:41
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40657

Actions (login required)

View Item View Item