Syarofina, Farihah Rahmah (2025) REPRESENTASI GAYA KEPEMIMPINAN KARAKTER NUSSA DALAM FILM ANIMASI “NUSSA THE MOVIE” (SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100126_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100126_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (521kB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100126_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100126_fullpdf.pdf

| Download (2MB)

Abstract

Film animasi anak sering menjadi objek kajian dalam penelitian sebelumnya, terutama dalam hal nilai moral, pendidikan karakter, dan pengaruh media terhadap perilaku anak. Namun, penelitian ini secara khusus menganalisis bagaimana gaya kepemimpinan direpresentasikan dalam Nussa The Movie menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce dalam kerangka paradigma konstruktivisme. Paradigma ini memandang bahwa realitas sosial dibentuk melalui proses interpretasi dan konstruksi makna oleh individu. Permasalahan utama yang diangkat adalah pentingnya media tontonan anak dalam menanamkan nilai-nilai positif, termasuk kemampuan memimpin diri sendiri, mengambil keputusan, bertanggung jawab, dan bekerja sama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengungkap makna tanda-tanda dalam film melalui struktur representamen, objek, dan interpretant.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 16 adegan yang merepresentasikan berbagai gaya kepemimpinan, yaitu: birokratis, demokratis, otoriter, laissez-faire, dan moralis. Setiap gaya dianalisis melalui tindakan, dialog, dan simbol visual. Penelitian ini juga mengaitkan temuan dengan teori kepemimpinan transformasional, di mana Nussa menampilkan empat dimensi utama: idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, dan individualized consideration. Nussa secara konsisten merepresentasikan gaya kepemimpinan yang religius, bijaksana, dan protektif melalui penggunaan indeks (tindakan nyata seperti memimpin sholat), ikon (ekspresi wajah sabar saat membimbing), dan simbol (pakaian dan atribut Islami). Makna kepemimpinan Nussa dibentuk melalui interaksi triadik antara tanda, objek, dan interpretan, yang secara holistik membangun pemahaman tentang figur teladan. Gaya kepemimpinan Nussa ini berpotensi besar sebagai media pembelajaran bagi anak-anak. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan karena hanya menganalisis satu objek film fiksi dan tidak melibatkan analisis resepsi audiens
Kata Kunci: Film Animasi, Gaya Kepemimpinan, Nussa The Movie, Semiotika Pierce.

Dosen Pembimbing: Aristhya, Iky Putri | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2025 06:39
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40655

Actions (login required)

View Item View Item