Anjali, Zahirotul (2025) PENGARUH BRAND IMAGE PRODUK SUSU ULTRAMILK BRAND AMBASSADOR STRAYKIDS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GENERASI Z DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100124_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only |
![]() |
Text
Ilmu Komunikasi_32802100124_fullpdf.pdf |
Abstract
Ketatnya persaingan dalam industri minuman, khususnya produk susu UHT, yang mendorong perusahaan untuk menerapkan strategi pemasaran yang relevan dengan target pasar. Salah satu strategi pemasaran produk adalah melalui penggunaan brand ambassador untuk menarik perhatian konsumen seperti penggunaan brand ambassador straykids pada produk susu Ultramilk. Kehadiran brand ambassador ini diharapkan dapat memperkuat brand image dan mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan brand ambassador Stray Kids terhadap keputusan pembelian Ultra Milk pada Generasi Z di Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori AIDA. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan metode purposive sampling sebanyak 100 responden yang merupakan generasi Z di kota Semarang melalui penyebaran kuesioner di kota Semarang.
Hasil uji validitas dalam seluruh item kuesioner yang telah diuji dinyatakan valid karena r hitung > r tabel, seluruh item juga dinyatakan reliabel dengan hasil uji r hitung > r tabel. Hasil uji t menunjukan bahwa brand image memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig 0.000 artinya <0.05 dan nilai t hitung > t tabel dengan nilai 25.760 > 1.984. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa brand ambassador memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig 0.000 artinya <0.05 dan nilai t hitung > t tabel dengan nilai 18.484 > 1,984. Uji analisi linear berganda juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Brand Image (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai koefisien regresi bernilai positif sebesar 0.846 dan terdapat pengaruh antara Brand Ambassador (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,136. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Brand Image (X1) dan Brand Ambassador (X2) memiliki pengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian (Y).
Kata kunci: Brand Image, Brand Ambassador Keputusan Pembelian
Dosen Pembimbing: | Mashadi, Trimanah | UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 06:37 |
URI: | https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |