Maulida, Reza (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN YULITA HIJAB DALAM RECOVERY PENJUALAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI KOTA AMBON. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100122_pernyataan_publikasi.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100122_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

| Download (113kB)
[thumbnail of Ilmu Komunikasi_32802100122_fullpdf.pdf] Text
Ilmu Komunikasi_32802100122_fullpdf.pdf

| Download (2MB)

Abstract

Yulita Hijab menghadapi tantangan dalam memulihkan penjualan pasca pandemi Covid-19 di Kota Ambon akibat menurunnya jumlah penjualan serta berkurangnya jumlah karyawan dikarenakan Pemecatan Hubungan Kerja (PHK). Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk menggambarkan bagaimana strategi pemasaran yulita hijab dalam recovery penjualan pasca pandemi covid-19 di kota Ambon. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan Yulita Hijab dalam upaya recovery penjualan. Tipe penelitian ini menggunakan metodiologi deskriptif kualitatif dengan sumber data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam pada informan. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah action assembly theory dengan konsep marketing mix. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan beberapa kriteria yaitu, derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, kepastian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yulita Hijab berhasil menerapkan bauran pemasaran (Marketing mix) secara efektif dalam Recovery Penjualan. Dengan keempat bauran pemasaran, yaitu produk, harga, tempat distribusi, dan promosi. Pendekatan ini tidak hanya membuat produk Yulita Hijab yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pasar, tetapi juga memberikan harga yang kompetitif, distribusi yang tepat sasaran, serta promosi yang menarik seperti bonus dan diskon, sehingga memperkuat keputusan pembelian pelanggan dan membangun loyalitas konsumen. Namun, masih diperlukan inovasi dan penyempurnaan Strategi untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini juga menghadapi keterbatasan seperti jarak, waktu dan biaya sehingga diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi teori lain untuk memperluas pemahaman tentang strategi pemasaran yang lebih efektif. Penerapan bauran pemasaran juga menunjukkan pentingnya pemahaman mendalam terhadap perilaku konsumen dan dinamika pasar yang terus berubah. Oleh karena itu, inovasi yang berkelanjutan serta adaptasi terhadap pasar menjadi kunci utama untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Yulita Hijab, Recovery Penjualan, Bauran Pemasaran

Dosen Pembimbing: Aristhya, Iky Putri | UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2025 06:36
URI: https://repository.unissula.ac.id/id/eprint/40653

Actions (login required)

View Item View Item